“Telang” Metode Asyik Belajar IPS

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTS/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP mata pelajaran IPS memuat Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi. Untuk itu Guru harus mampu menguasai semua materi yang ada dalam pelajaran IPS. Peserta didik juga harus aktif dalam pembelajaran IPS. Karena kesuksesan dan keberhasilan dalam pembelajaran IPS tergantung dari peran serta guru dan keaktifan siswa di dalam kelas.

Untuk menunjang keberhasilan pelajaran IPS, guru harus mampu menguasai beberapa metode pembelajaran. Karena di dalam pembelajaran IPS, banyak sekali permasalahan yang dihadapi. Diantaranya Permasalahan yang berasal dari guru, guru lebih sering menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, sehingga menyebabkan peserta didik menjadi bosan, jenuh dan bahkan menyebabkan peserta didik menjadi mengantuk. Selain itu, peserta didik juga banyak yang males membaca materi pelajaran. Karena berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus, peserta didik cenderung diam dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu guru harus kreatif dan aktif dalam mengembangkan metode pembelajaran sehingga menyebabkan peserta didik menjadi antusias untuk menerima pelajaran.

Guru harus mampu mengembangkan metode pembelajaran. Karena metode pembelajaran yang dapat menimbulkan keaktifan siswa dalam pembelajaran itu sangat banyak sekali. Guru harus mampu merubah cara menyampaikan materi pembelajaran yang biasanya menggunakan metode ceramah, sekarang dengan menggunakan metode Telang. Telang (Teka Teki Silang) merupakan salah satu metode dalam pembelajaran IPS yang dapat menimbulkan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS.Telang adalah suatu permainan kata yang biasanya berbentuk serangkaian ruang-ruang kosong berbentuk kotak berwarna hitam dan putih. Menurut Zaini dkk (2008: 71) menyatakan bahwa teka teki dapat digunakan sebagai pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung, bahkan pembelajaran dengan ini dapat melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif sejak awal.

Adapun langkah-langkah metode Telang adalah pertama mencurahkan gagasan beberapa istilah atau nama-nama kunci yang berkaitan dengan pelajaran studi yang telah diselesaikan, kedua susunlah teka teki silang sederhana yang mencakup item-item sebanyak yang didapat, ketiga bagikan teka teki silang kepada peserta didik dengan kelompok atau individu, keempat masukkan kata-kata tersebut berhubungan dengan penyamaan jumlah karakter pada pengisian kata-kata kedalam kotak teka teki, kelima isilah teka teki tersebut secara mendatar ataupun menurun, keenam tentukan batasan waktu, ketujuh beri hadiah kepada individu atau kelompok yang mengerjakan paling cepat dan benar.

Bermain teka teki silang dapat meningkatkan kemampuan otak secara umum. Mengisi teka teki silang mengharuskan peserta didik untuk terus berpikir, selain itu bermain teka teki silang juga dapat membantu mempertajam ingatan, khususnya ingatan jangka pendek.

Metode Telang merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat menimbulkan peserta didik lebih mudah mengingat materi pembelajaran yang sedang berlangsung. Metode telang ini bisa dikerjakan baik secara individu maupun secara kelompok. Metode ini bisa dijadikan metode yang paling menyenangkan tanpa mengganggu pelajaran yang sedang berlangsung. Sehingga menumbuhkan minat peserta didik dalam menerima Telang Metode Asyik Belajar IPS.

ILMU Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTS/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP mata pelajaran IPS memuat Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi. Untuk itu Guru harus mampu menguasai semua materi yang ada dalam pelajaran IPS. Peserta didik juga harus aktif dalam pembelajaran IPS. Karena kesuksesan dan keberhasilan dalam pembelajaran IPS tergantung dari peran serta guru dan keaktifan siswa di dalam kelas.

Untuk menunjang keberhasilan pelajaran IPS, guru harus mampu menguasai beberapa metode pembelajaran. Karena di dalam pembelajaran IPS, banyak sekali permasalahan yang dihadapi. Diantaranya Permasalahan yang berasal dari guru, guru lebih sering menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, sehingga menyebabkan peserta didik menjadi bosan, jenuh dan bahkan menyebabkan peserta didik menjadi mengantuk. Selain itu, peserta didik juga banyak yang males membaca materi pelajaran. Karena berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus, peserta didik cenderung diam dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu guru harus kreatif dan aktif dalam mengembangkan metode pembelajaran sehingga menyebabkan peserta didik menjadi antusias untuk menerima pelajaran.

Guru harus mampu mengembangkan metode pembelajaran. Karena metode pembelajaran yang dapat menimbulkan keaktifan siswa dalam pembelajaran itu sangat banyak sekali. Guru harus mampu merubah cara menyampaikan materi pembelajaran yang biasanya menggunakan metode ceramah, sekarang dengan menggunakan metode Telang. Telang (Teka Teki Silang) merupakan salah satu metode dalam pembelajaran IPS yang dapat menimbulkan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS.Telang adalah suatu permainan kata yang biasanya berbentuk serangkaian ruang-ruang kosong berbentuk kotak berwarna hitam dan putih. Menurut Zaini dkk (2008: 71) menyatakan bahwa teka teki dapat digunakan sebagai pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung, bahkan pembelajaran dengan ini dapat melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif sejak awal.

Adapun langkah-langkah metode Telang adalah pertama mencurahkan gagasan beberapa istilah atau nama-nama kunci yang berkaitan dengan pelajaran studi yang telah diselesaikan, kedua susunlah teka teki silang sederhana yang mencakup item-item sebanyak yang didapat, ketiga bagikan teka teki silang kepada peserta didik dengan kelompok atau individu, keempat masukkan kata-kata tersebut berhubungan dengan penyamaan jumlah karakter pada pengisian kata-kata kedalam kotak teka teki, kelima isilah teka teki tersebut secara mendatar ataupun menurun, keenam tentukan batasan waktu, ketujuh beri hadiah kepada individu atau kelompok yang mengerjakan paling cepat dan benar

Bermain teka teki silang dapat meningkatkan kemampuan otak secara umum. Mengisi teka teki silang mengharuskan peserta didik untuk terus berpikir, selain itu bermain teka teki silang juga dapat membantu mempertajam ingatan, khususnya ingatan jangka pendek.

Metode Telang merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat menimbulkan peserta didik lebih mudah mengingat materi pembelajaran yang sedang berlangsung. Metode telang ini bisa dikerjakan baik secara individu maupun secara kelompok. Metode ini bisa dijadikan metode yang paling menyenangkan tanpa mengganggu pelajaran yang sedang berlangsung. Sehingga menumbuhkan minat peserta didik dalam menerima pelajaran IPS.

 

Ery Rochmawati, S.Pd
Guru IPS SMP Muhammadiyah 1 Kudus

Translate ยป