SPEMUTION CODELICIOUS 2023

I. DASAR PEMIKIRAN

Spemution Codelicious I tahun 2023 merupakan perlombaan coding for games dan lomba e-sport mobile legends guna menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap teknologi. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini berkembang sangat pesat dan ini perlu mendapatkan perhatian semua pihak. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memperkenalkan coding for games agar dapat membuka wawasan generasi muda sejak dini. Hal ini menjadi faktor pendorong SMP Muhammadiyah 1 Kudus yang memiliki kelas unggulan coding untuk menyelenggarakan perlombaan coding untuk tingkat SD/MI se – kabupaten Kudus.

Dengan diadakannya Spemution Codelicious 2023 ini diharapkan generasi muda saat ini dapat mengikuti perkembangan teknologi utamanya coding for games, sehingga harapan orang tua menjadikan anak yang Smart, Kreatif, Inovatif, Imaginatif memiliki logika berfikir kritis yang baik, dan dapat menyelesaikan masalah secara mandiri maupun tim, dapat tercapai.

Oleh karena itu, kami mengajak kepada pihak-pihak lain untuk ikut serta dalam mensukseskan dan menjadi pendukung utama acara tersebut serta kegiatan-kegiatan lainnya. Kegiatan-kegiatan kami yang bersifat modern dan mencerminkan teknologi terdepan, sehingga visi dari usaha atau perusahaan dapat diwujudkan dan dapat tersosialisasikan kepada masyarakat luas serta insyaallah memberikan efek terhadap meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada usaha atau perusahaan tersebut.

II. MAKSUD DAN TUJUAN

  1. MAKSUD
    • Mengadakan kompetisi Coding dan E-Sport Mobile legend untuk tingkat SD/MI Se-Kabupaten Kudus.
  2. TUJUAN
    • Mengenalkan coding for kids
    • Meningkatkan dan mengembangkan kreativitas, imajinasi, inovasi serta daya kompetensi anak-anak dalam menghadapi persaingan global.
    • Membumikan coding di semua lapisan masyarakat
    • Wadah pengembangan bakat dan kompetisi para siswa dan memberikan nilai positif untuk terjalinnya nilai silaturahmi antar sekolah.
    • Mengarahkan anak-anak untuk mengikuti kompetisi nasional dan internasional.

III. NAMA KEGIATAN

Spemution Codelicious 2023

IV. SASARAN / PESERTA LOMBA

Sasaran dari kegiatan Spemution Codelicious 2023:

  • Lomba Coding : Siswa kelas 5 dan 6 SD/MI Se-Kabupaten Kudus dengan kuota 100 peserta.
  • Lomba E-sport mobile legend : Siswa kelas 5 dan 6 SD/MI Se-Kabupaten Kudus dengan kuota 16 tim dan masing – masing tim 6 peserta

V. KATEGORI LOMBA

  1. Lomba Coding for Kids dengan platform scratch
  2. Lomba E-sport Mobile Legend

VI. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

  1. Pelatihan Coding
    • Hari        : Selasa – Rabu
    • Tanggal : 7 – 8 Februari 2023
    • Pukul     : 08.00 – 11.00
    • Tempat : Laboratorium Komputer SMP Muhammadiyah 1 Kudus
  2. Pelaksanaan Lomba Coding
    • Hari       : Sabtu
    • Tanggal : 11 Februari 2023
    • Pukul     : 08.00 s.d 11.00
    • Tempat : Laboratorium Komputer SMP Muhammadiyah 1 Kudus
  3. Pelaksanaan Lomba E-Sport Mobile Legend
    • Hari       : Kamis
    • Tanggal : 9 Februari 2023
    • Pukul    : 07.30 s.d 15.00
    • Tempat : SMP Muhammadiyah 1 Kudus

VII. FASILITAS PESERTA DAN HADIAH

  1. Fasilitas Peserta
    • 1. Peralatan lomba disediakan oleh panitia (pelatihan dan lomba Coding).
    • Setiap peserta mendapat sertifikat peserta
    • Setiap peserta mendapat souvenir.
    • Setiap peserta mendapat snack.
  2. Hadiah
    • Juara 1 : Sertifikat pemenang, Piala dan tabungan Rp. 500.000
    • Juara 2 : Sertifikat pemenang, Piala dan tabungan Rp. 400.000
    • Juara 3 : Sertifikat pemenang, Piala dan tabungan Rp. 300.000
    • Harapan 1 : Sertifikat pemenang, Piala dan tabungan Rp. 200.000
    • Harapan 2 : Sertifikat pemenang, Piala dan tabungan Rp. 150.000 (khusus untuk lomba coding)
    • Harapan 3 : Sertifikat pemenang, Piala dan tabungan Rp. 100.000 (khusus untuk lomba coding)

VIII. PETUNJUK TEKNIS PELATIHAN DAN LOMBA CODING SD/MI 2023

  1. Sistem Lomba
    • Lomba dilaksanakan dalam 1 (satu) babak secara luring (Offline) di SMP Muhammadiyah 1 Kudus
  2. Pelatihan Codelicious 2023
    • Peserta pelatihan adalah siswa kelas 5 dan 6 SD/MI;
    • Pelatihan dilaksananakan dengan sistem offline (siswa datang ke SMP Muhammadiyah 1 Kudus);
    • Peralatan pelatihan disediakan oleh panitia;
    • Peserta membawa sendiri peralatan tambahan yaitu headset;
    • Pelatihan dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 7 dan 8 Februari 2023 pukul 08.00-11.00 WIB;
    • Panitia menyediakan snack untuk peserta pelatihan.
  3. Lomba Codelicious 2023
    • Peserta lomba adalah siswa kelas 5 dan 6 SD/MI yang telah mengikuti pelatihan Codelicious 2023;
    • Pelaksanaan lomba dilaksanakan secara offline;
    • Setiap peserta membuat coding game dengan platform Scratch;
    • Peralatan lomba (Labtop/komputer) disediakan oleh panitia;
    • Peserta membawa sendiri peralatan tambahan yaitu headset;
    • Waktu lomba adalah Sabtu 11 Februari 2023 dengan durasi waktu 3 jam (08.00 – 11.00 WIB);
    • Panitia menyediakan snack untuk peserta lomba;
    • Juara lomba ditentukan oleh Juri yang akan memilih Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2,3;
    • Kriteria penilaian:
      1. Originalitas
      2. Personifikasi karakter
      3. Pesan yang disampaikan
      4. Kompleksitas dan kedalaman coding

IX. PETUNJUK TEKNIS LOMBA E – SPORT MOBILE LEGEND SD/MI 2023

  1. Sistem Lomba
    • Lomba dilaksanakan dengan sistem gugur secara luring (Offline) di SMP Muhammadiyah 1 Kudus
  2. Syarat dan Ketentuan Lomba E- Sport Mobile Legend
    • Peserta adalah siswa kelas 5 dan 6 SD/MI;
    • Satu tim terdiri dari 5 siswa dan boleh menambahkan 1 siswa cadangan;
    • Tim mewakili nama sekolah;
    • Satu sekolah dapat mengirim maksimal 3 tim;
    • Setiap peserta wajib memiliki device berupa smartphone serta akun Mobile Legends sendiri dan bukan milik orang lain;
    • Peserta tidak diperbolehkan untuk memiliki lebih dari 1 tim;
    • Setiap tim menunjuk 1 kapten;
    • Peserta wajib hadir di jadwal tanding yang sudah ditentukan (bila melewati batas tunggu 5 menit, tim akan di diskualifikasi);
    • Peserta wajib menggunakan kuota sendiri;
    • Peserta harus berperilaku sopan dan tidak boleh berkata kasar;
    • Peserta tidak boleh berbuat curang, seperti menggunakan cheat dan lain – lain;
    • Full Slot untuk lomba ini adalah 24 tim;
    • Format pengundian ditentukan oleh panita penyelenggara pada saat technical meeting;
    • Apabila slot sudah penuh sebelum tanggal penutupan maka pendaftaran ditutup lebih cepat;
    • Jumlah slot peserta bisa berubah-ubah sesuai dengan keputusan penyelenggara;
    • Panitia menyediakan snack untuk peserta lomba.
  3. Regulasi Pertandingan
    • Setiap tim menunjuk 1 orang untuk menjadi kapten tim dan kapten tim meng-add akun panitia Arsley
      ID : 900325905
      Null_Pointer
      ID : 1336840689
    • Tim dilarang mengganti pemain yang sudah terdaftar termasuk pemain cadangan selama acara berlangsung;
    • Setiap tim berhak meminta sekali pause setiap match, maksimal durasi 3 menit;
    • Semua tim harus menjunjung tinggi sportifitas dan fairplay;
    • Apabila tim tidak menjunjung tinggi sportifitas dan fairplay maka akan didiskualifikasi dari turnamen;
    • No chat all;
    • Penggunaan program ilegal dalam bentuk apapun dapat dikenakan hukuman ban permanen baik itu ID, Device, dan Hak keikutsertaan turnamen Mobile Legends ID (Blacklist).
  4. Format Turnamen
    • Sistem pertandingan pada babak penyisihan hingga babak final menggunakan sistem single elimination (BO1);
    • Tim akan di undi secara acak untuk menentukan posisi bracket dan pertandingan akan berlanjut berdasarkan susunan bracket;
    • Waktu pertandingan maksimal 25 menit. Tim pemenang merupakan tim yang menghancurkan markas/tower utama musuh lebih dulu;
    • Jika waktu habis pemenang akan ditentukan dari tim yang memiliki jumlah kill terbanyak
  5. Pengaturan Pertandingan
    • Setelan Lobby
      1. Pada babak kualifikasi lobby akan dibuat oleh panitia;
      2. Posisi tim pada turnamen online. Tim bagian atas bracket menempati sisi kiri lobby dan bagian bawah bracket menempati sisi kanan pada lobby;
        Contoh :
        Team 1 VS Team 2, maka team 1 akan membuat lobby pertandingan, menempati posisi kiri dalam lobby.
      3. Pada semua babak, panitia akan membuat custom room dan mengundang kapten, kapten harus mengundang anggota lainnya untuk masuk kedalam lobby custom.
    • Sistem Match
      1. Apabila game mengalami disconnect atau permasalahan koneksi Game akan di pause;
      2. Setiap kapten tim harus memverifikasi bahwa semua pemain di timnya;
      3. Sudah menyelesaikan settingan game yang diinginkan;
      4. Memulai pertandingan tepat waktu;
      5. Setiap tim diharapkan sudah masuk di lobi in-game dengan waktu menunggu maksimal adalah 5 menit;
      6. Apabila ada tim yang belum siap selama waktu yang ditentukan, maka lawannya bisa mendapatkan menang WO dengan menghubungi admin dan admin akan memeriksa lobby.
  6. Struktur Turnamen
    • Game mode yang digunakan untuk setiap pertandingan adalah custom lobby draftpick terbaru dengan system 3 band hero;
    • Hero yang digunakan adalah hero yang sudah dirilis resmi oleh pihak Moonton;
    • Bebas menggunakan skin apapun (skin on).

X. KONTAK PERSON

  • Devi Rianasari, S.Pd : 085290798942 (Pelatihan dan Lomba Coding)
  • Noorianto Arif W, S.Pd : 089636522475 (Lomba E-Sport Mobile Legend)

XI. PENDAFTARAN

  • Hari : Senin – Kamis
  • Tanggal : 12 Januari s.d 2 Februari 2023
  • Pukul : 07.00 – 13.00 WIB
  • Biaya Pendaftaran :
    1. Lomba Coding : Rp. 50.000 / peserta
    2. Lomba E-Sport Mobile Legend : Rp. 100.000 / tim
    3. Rekening pendaftaran by Transfer melalui
      Bank : Bank Syariah Indonesia (BSI)
      Atas nama : SMP Muhammadiyah 1 Kudus
      No Rekening : 9838501860
    4. Format nominal transfer ditambah angka 23
      Contoh Format : Rp. 100.023 atau Rp. 50.023
  • Pembayaran via transfer bisa kolektif dengan melampirkan bukti pembayaran di link pendaftaran
  • Link pendaftaran SPEMUTION CODELICIOUS 2023   :
    1. Link Pendaftaran Pelatihan dan Lomba Coding : PELATIHAN DAN LOMBA CODING
    2. Link Pendaftaran Kompetisi Mobile Legend : CLOSED (KUOTA TERPENUHI)

Pendaftaran akan
tutup dalam

Days
Hours
Minutes
Seconds
Pendaftaran Spemution Codelicious 2023 ditutup

Support by

Previous
Next

Tentang Coding

Coding adalah kegiatan menulis kode untuk menerjemahkan bahasa pemrograman jadi intruksi yang dipahami komputer. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kita harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kita gunakan saat menuliskan skrip.

Dengan mempelajari coding diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa pada problem solving, computational thinking, dan digital literacy untuk menyelesaikan persoalan-persoalan secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif.

Di SMP muhammadiyah 1 Kudus, Coding merupakan salah satu program unggulan yang dikembangankan untuk memenuhi tuntutan zaman yang serba digital dan membekali siswa dengan lifeskill yang sesuai dengan perkembangan zaman. Pembelajaran Coding memiliki peran sangat penting, terutama memberikan kesempatan kepada siswa dalam pengembangan minat dan bakat serta meningkatkan prestasi siswa.

Translate »