Tanaman Walisongo atau umbrella tree (Schefflera Arboricola)

SPEMUKU – Tanaman Walisongo adalah tanaman hias yang cukup populer. Nama “Walisongo” sering digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis tanaman, jadi deskripsi yang tepat mungkin bervariasi tergantung pada jenisnya. Namun, tanaman ini seringkali memiliki ciri-ciri umum seperti daun yang hijau gelap dengan pola atau corak menarik, batang yang kuat, dan pertumbuhan yang kompak. Beberapa jenis Walisongo juga bisa mekar dengan bunga yang cantik. Pastikan untuk memeriksa jenis Walisongo yang Anda miliki untuk deskripsi yang lebih spesifik.

Tanaman Walisongo atau umbrella tree (Schefflera arboricola), merupakan tumbuhan yang selalu hijau dan memiliki daun mengkilap yang tersebar seperti payung. Bentuk daunnya yang menyerupai payung ini terkadang lebih menonjol, karena bagian bawah daun bisa gugur sehingga batangnya terlihat kosong. Sementara daun-daun hijau yang lebat tetap ada di bagian atasnya, memberikan kesan visual seperti payung terbuka.

Kadang-kadang, tanaman Walisongo sering disamakan dengan Heptapleurum actinophyllum yang sangat mirip. Cara termudah untuk membedakannya adalah melalui ukuran dan bentuk daunnya, namun perawatan yang diperlukan untuk kedua jenis tanaman ini hampir sama. Tanaman Walisongo berasal dari hutan-hutan di Taiwan, Cina, New Guinea, dan Australia.

Faktanya, tanaman ini banyak ditemukan di Australia sehingga kadang-kadang disebut sebagai “schefflera Australia”. Perlu diketahui bahwa tanaman ini dapat menjadi invasif dan bahkan dianggap sebagai gulma di beberapa daerah.

Mungkin kita bingung mengapa tanaman ini disebut tanaman walisongo? Adakah kaitannya dengan Wali Songo atau 9 wali?

Tertanyata, nama tersebut dipakai karena dalam satu tangkai tanaman ini biasanya terdapat 9 helai daun. Hal ini sejalan dengan sebutan Wali Songo yang merujuk pada sembilan tokoh yang menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Wali Songo memiliki arti sembilan wali yang punya sejarah penting bagi perkembangan agama Islam di Nusantara. Karena memiliki 9 helai daun dan diberi nama Walisongo, tanaman ini dianggap memiliki makna simbolik yang berkaitan dengan spiritual. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak masyarakat yang memiliki tanaman Walisongo di rumah mereka.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »