Kamboja Jepang (Adenium)

SPEMUKU – Tanaman Kamboja Jepang, yang juga dikenal sebagai Magnolia stellata atau Sakura, adalah semak yang indah berasal dari Jepang. Tanaman ini dikenal karena bunganya yang cantik dan harum yang mekar pada awal musim semi sebelum dedaunannya muncul. Bunganya berbentuk bintang dengan warna putih hingga merah muda pucat, dan mereka sering dikaitkan dengan keindahan bunga sakura Jepang.

Kamboja Jepang biasanya tumbuh hingga sekitar 2 hingga 4 meter tingginya. Dedanya hijau, berbentuk oval, dan tumbuh dalam susunan yang padat. Tanaman ini sangat dihargai dalam pekarangan dan taman karena kecantikan dan aroma bunganya yang memikat, serta bentuknya yang kompak yang cocok untuk ruang terbatas. Tanaman Kamboja Jepang juga memerlukan perawatan yang relatif sederhana, membuatnya populer di kalangan pecinta tanaman.

Kamboja Jepang atau Adenium adalah adalah spesies tanaman hias, batangnya besar, bagian bawahnya menyerupai umbi, batangnya tidak berkambium, akarnya dapat membesar menyerupai umbi, bentuk daunnya panjang ada yang lonjong, runcing, kecil, dan besar, warna bunganya bermacam-macam.

Adenium biasa dijadikan tanaman hias oleh para pecinta tanaman. Ciri khas akar adenium yang membesar seperti umbi adalah tempat menyimpan air sebagai cadangan di musim kemarau. Akar yang membesar ini bila muncul ke atas tanah akan membentuk kesan unik seperti bonsai.

Sedangkan batangnya lunak tidak berkayu (disebut juga sebagai sukulen), namun dapat membesar. Tunas-tunas samping dapat tumbuh dari mata tunas pada batang atau bekas daun yang gugur. Mata tunas samping tersebut akan berfungsi (tumbuh) apabila pucuk atas tanaman dipotong.

Hal inilah yang dilakukan orang pada saat memangkas, untuk mendapatkan daun baru dan agar bunga yang akan muncul nantinya lebih serempak. Daun adenium ada berbagai ragam, bentuk lonjong, runcing, kecil dan besar, serta ada yang berbulu halus, ada pula yang tanpa bulu.

Sedangkan bunga adenium berbentuk seperti terompet, berkelopak 5, dengan aneka ragam warna sesuai dengan varietasnya masing-masing. Saat ini sudah dikembangkan kelopak bunga yang bersusun dan yang hasilnya sudah lebih baik, bahkan kelopak bunganya ada yang menyerupai susunan bunga mawar.

Ada 2 jenis kelompok bunga adenium, yaitu kelompok spesies (jenis asli), dan varietas jenis hasil perkawinan dan persilangan yang dilakukan manusia untuk mencari bentuk baru. Beberapa spesies asli adenium yaitu:

  1. Adenium Arabicum, ciri bentuknya bonggol pendek dan besar, dengan banyak batang yang muncul dari atas bonggol tersebut. Bunganya berwarna kombinasi putih dan pink, kecil (diameter petal kurang dari 5 cm).
  2. Adenium Obesum, cirinya bentuk bonggol besar dan agak memanjang ke atas, satu batang tumbuh di atas bonggol, di atas batang muncul percabangan. Bunga berwarna paduan merah dan putih, berbunga besar (lebih dari 5 cm).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป