Menggagas Link Literasi Alam di Perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 kudus

SPEMUKU – Pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, seringkali kita cueki lingkungan di seputar kita. Tanaman pepohonan dan berbagai benda di sekitar lingkungan hanya di pandang sebagai asesories hidup saja. Bagi para pemerhati lingkungan tanaman adalah cermin keindahan lingkungan. Bagi yang cuek terhadap keberadaan lingkungan bisa jadi melakukan tindakan pengerusakan sebagai pelampiasan kegalauan hidup. Menjadi kebiasaan rutin Pepohonan yang tumbuh bersemi di musim hujan akan terpangkas batang maupun dedaunannya sedangkan pada musim kemarau bisa juga kurang sumber air karena tiada ketekunan untuk merawatnya. Banyak orang yang tidak tahu siapa sebenarnya tanaman maupun pepohonan yang ada di seputar lingkungan kita. Hanya segelintir orang yang mengetahui jenis pepohonan tersebut itupun karena mengajar di bidangnya atau sebagai bakul tanaman yang harus akrab dengan profesi yang digelutinya.

Supaya lebih mengakrabkan warga sekolah dengan lingkungannya terutama benda-benda seperti pohon maupun tanaman maka perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Kudus menggagas tentang pentingnya literasi alam yaitu untuk mengenalkan secara rinci apa dan siapa tanaman maupun pepohonan tersebut pada orang-orang di lingkungan sekolah. Harapannya semakin mengenal jenis pohon dan tanaman tersebut, warga sekolah juga makin tergerak hatinya untuk merawat pohon mauapun tanaman tersebut. Bagaimana proses literasinya yaitu dengan memindai QR Code  yang tertempel pada pepohonan maupun tanaman yang ada pada tanaman tersebut dengan memindai QR Code secara otomatis akan terhubung dengan link pustaka yang berisi tentang pengetahuan pohon maupun tanaman tersebut. Informasi detailnya bisa langsung koneksi dan di baca di android masing-masing.

Gagasan ini tidak langsung jadi sesuai dengan kosep awalnya karena harus melibatkan berbagai pihak yaitu guru IPA yang diharapkan menamai pohon maupun tanaman  tersebut sesuai dengan nama latinnya. Selain itu juga tenaga kebersihan juga ikut merawat tanaman itu dengan baik. Kerja-kerja yang membutuhkan kerjasama dan ketekunan semua pihak. Pihak  pustakawan sekolah juga  harus mampu memfasilitasi link pustaka pohon-pohon tersebut. Bermula dari beberapa pohon yang ada dan telah tumbuh di sekitar sekolah nanti bisa dikembangkan berbagai tanaman terutama tanaman yang jarang ditemukan di lingkungan sekolah lainnya.

Penyediaan fasilitas link pustaka pada pohon maupun tanaman di lingkungan sekolah ini merupakan bagian dari dinamika perpustakaan sekolah yang berkemajuan. Setidaknya image perpustakaan tidak hanya berisi buku-buku yang ada di rak saja tapi apapun yang terdapat di lingkungan sekolah adalah bagian dari pustaka alam perpustakaan sekolah. Manfaat lainnya adalah keberadaan link pustaka alam ini makin mengenalkan manfaat perpustakaan sekolah sekaligus untuk mengakrabkan warga sekolah dengan lingkungan sekitar sekolah. Karena mengenal dan tidak mengenal itu sudah berbeda, bagi yang mengenal timbul rasa sayang terhadap pohon maupun tanaman sebagai sesama mahluk ciptaan Allah SWT.

Literasi alam perpustakaan SMP Muhammmadiyah 1 Kudus juga bagian dari pelestarian lingkungan. Kesan pohon maupun tanaman hanya sebagai penghias atau pelengkap yang tumbuh di halaman sekolah akan sirna karena keberadaan tanaman tersebut bagian dari gerakan hijau untuk mengurangi berbagai polusi di udara yang kian pekat saja. Literasi alam ini juga bisa dimanfaat untuk pembelajaran Mapel IPA sebagai alat untuk memahami berbagai tumbuhan yang hidup di lingkungan sekolah. Banyak manfaat yang dapat dipetik secara langsung bila lingkungan terkoneksi dengan perpustakaan karena tanaman maupun pohon tersebut juga bagian dari pengetahuan pustaka lingkungan. Era serba instant dan mudah membuat perpustakaan sekolah harus berbenah tidak menyalahkan zaman tapi menyelaminnya dengan mengarah secarah positif. Barangkali  muncul kebosanan berliterasi disebabkan  untuk menambah pengetahuan harus mencari literasi buku-buku. Dengan Memindai QR Code  secara otomatis pengetahuan sudah ada pada genggaman warga sekolah terutama siswa SMP Muhammadiyah 1 Kudus,  Diharapkan anak-anak SMP  Muhammadoyah 1 Kudus mempunyai nilai lebih yaitu wawasan tentang lingkungan. (Syahirul Alem, Pustakawan SMP Muhammadiyah 1 Kudus)

2 komentar untuk “Menggagas Link Literasi Alam di Perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 kudus”

  1. Asmaul Chusna

    Mantabbb….maju terus SPEMUKU….semoga menjadi sekolah coding favorit dikudus. . Selalu berinovasi dan terus berkembang di era digitalisasi ini…..maju terus ,sukses selalu tuk SPEMUKU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »