Kelengkeng

Lengkengkelengkengmata kucing, atau dalam Bahasa Inggris disebut longan,(Dimocarpus longan), adalah salah satu tanaman yang termasuk kedalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. tanaman buah-buahan ini berasal dari daratan Asia Tenggara.

A. Taksonomi

Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Bangsa : Sapindales
Suku : Sapindaceae
Marga : Dimocarpus
Jenis : Dimocarpus longan lour

B. Morfologi

Morfologi buah kelengkeng berbentuk bulat sampai lonjong terdapat kulit buah yang bewarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi coklat saat sudah matang. Benih kelengkeng berbentuk bulat mengkilap dan berwarna hitam, terbungkus oleh daging buah yang transparan.

Morfologi pada tanaman kelengkeng yaitu pada akar tunggang lebih dari 3 m dalamnya. Akar penyerap ini mempunyai fungsi menyerap air maupun zat makanan. Akar pada kelengkeng mempunyai jaringan pengangkut berupa floem dan xylem. Floem pada kelengkeng terbagi menjadi 2 macam yakni floem primer dan floem sekunder. Kelengkeng merupakan tanaman keras mempunyai batang dan kayu yang kuat, sistem perakaran sangat luas dan mempunyai akar tunggang yang sangat dalam (terutama tanaman kelengkeng yang berasal dari biji), sehingga sangat tahan terhadap kekeringan dan tidak mudah roboh. Daun kelengkeng termasuk daun majemuk tiap tangkai memiliki tiga sampai enam pasang helai daun. Bentuknya bulat panjang, ujungnya agak runcing tidak berbulu, tepinya rata dan permukaan nya mempunyai lapisan lilin. Kuncup daunnya berwarna kuning kehijauan, tetapi ada pula yang berwarna merah

C. Penyebaran

Tanaman ini telah menyebar ke Indochina (Thailand, Taiwan, Laos, Vietnam, Cambodia), Malaysia, India dan khususnya di Indonesia. Tanaman kelengkeng berasal dari daerah subtropis, tanaman ini mampu tumbuh dan berpoduksi dengan baik di daerah tropis Indonesia.

D. Habitat

Kondisi lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan tanaman merupakan syarat utama keberhasilan usaha tani. Suhu ideal yang dikehendaki tanaman. Kelengkeng bagi pertumbuhannya yaitu antara 20 sampai 330C pada siang hari dan 15 sampai 220C pada malam hari. Tanaman Kelengkeng dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik pada dataran rendah yang bersuhu panas.

Kelembaban udara yang ideal bagi pertumbuhan tanaman Kelengkeng adalah antara 65 sampai 90% dengan curah hujan berkisar antara 2500 sampai 4000 mm/tahun. Tanah merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan proses produksi pertanian. Jenis tanah yang cocok bagi tanaman Kelengkeng yaitu lempung dan berpasir serta mengandung zat organik. Derajat keasaman (PH) tanah yang diperlukan tanaman Kelengkeng antara 5,5 – 6,5 serta memiliki aerasi dan drainase yang baik.

E. Manfaat

Manfaat Buah Kelengkeng

Mengandung Vitamin C, Mengandung Banyak Nutrisi Penting, Mengandung Berbagai Polifenol, Anti Peradangan, Mengobati Anemia Dan Kekurangan Zat Besi, Anti-penuaan Kulit, Dapat Membantu Turunkan Berat Badan, Sarat Manfaat untuk Ibu Hamil

Manfaat Bunga Kelengkeng

Bunga Kelengkeng memiliki kandungan yang tidak kalah banyak dengan buahnya. Seperti polifenol, dan beberapa kandungan lain.

Mencegah penyakit Parkinson, Memperbaiki Memori, Mengobati Anemia Dan Kekurangan Zat Besi.

Manfaat Biji Kelengkeng

Biji kelengkeng juga memiliki banyak manfaat. Biji kelengkeng sering digunakan sebagai bahan obat tradisional tiongkok atau juga sering dijadikan obat kecantikan. Ekstrak biji kelengkeng juga memiliki sarat manfaat bagi kita. Beberapa manfaat biji kelengkeng diantaranya.

Untuk Kecantikan
Sebagai Obat Tradisonal
Obat Kulit dan menetralisir Racun
Manfaat Daun Kelengkeng

Daun Kelengkeng juga memiliki banyak manfaat. Namun diantara beberapa manfaat daun kelengkeng, manfaat yang paling diburu adalah kandungannya yang sangat penting untuk mengatasi gangguan dan penyakit serta menjaga tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Adapun manfaat-manfaat dari daun kelengkeng diantaranya:

  • Antioksidan
  • Menghambat pertumbuhan sel-sel kanker
  • Meredakan peradangan
  • Meredakan demam
  • Menghentikan diare
  • Mengurangi rasa sakit
  • Menghentikan perdarahan
  • Mengatasi cacingan
  • Memperlancar peredaran darah
  • Mengurangi rasa sakit kepala
  • Mengatasi keputihan
  • Memperlancar buang air kecil
  • Memperbaiki ekosistem di usus

Sumber : https://dlh.probolinggokab.go.id/kelengkeng/

Made by : kelompok 5 kelas 7B

  1. Waffi B
  2. Yusuf Akbar
  3. Yusuf Hanif
  4. Zahra Majidah
  5. Adil Akhmad

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »