Ginseng

Ginseng (Panax) adalah spesies terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama “ginseng” diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca “ren shen”, (duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai manusia.

KLASIFIKASI GINGSENG

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Asteranae
  • Ordo : Apiales
  • Famili : Araliaceae
  • Genus : Panax L
  • Spesies : Panax Gingseng C.A. Mey.

 

Kegunaan tumbuhan ginseng

Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn. dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaannya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

Manfaat tumbuhan ginseng :

  1. mencegah flu dan pilek
  2. Menurunkan kadar gula darah
  3. Mengurangi peradangan
  4. Mengatasi gangguan ereksi
  5. Meningkatkan stamina dan performa seksual pria
  6. Meringankan gejala menopause
  7. Memelihara fungsi otak
  8. Mengobati penyakit paru paru

Morfologi Tanaman Gingseng

Setelah kita mengetahui klasifikasi dari tanaman gingseng, maka kita harusnya juga memahami ciri morfologi apa saja yang dimiliki oleh tanaman gingseng tersebut, maka dari itu berikut adalah penjabarannya:

  1. Akar, Akar gingseng bentuknya gembung dan menyerupai boneka, dan telah diketahui bahwa akar dari tanaman ini berukuran panjang sekitar 5 sampai 10 cm. Akar tanaman gingseng diketahui berwarna coklat kotor dan juga mampu menembus tanah hingga kedalaman 30 sampai 60 cm. Fungsi dari akar tanaman ini adalah untuk menyimpan cadangan makanan serta bahan aktif lainnya. Akar gingseng pada saat yang bersamaan adalah perpaduan antara rasa manis dan juga pahit, maka dari itu sering digunakan untuk pengobatan tradisional yang dicampur kedalam minuman seperti teh.
  1. Batang, Tanaman gingseng ini mampu tumbuh hingga 70 sampai 80 cm, dimana batangnya berbentuk bulat, bercabang dibagian bawah, mengeras pada pangkalnya dan berwarna merah keunguan. Pertumbuhan tanaman gingseng sangatlah lambat, karena pada umur lima tahun, tanaman ini baru mulai memiliki cabang dan berbatang dua. Cabang – cabang yang muncul tersebut akan muncul dari tanah.
  1. Daun, Daun tanaman gingseng sendiri adalah daun tunggal dan berbentuk bulat oval. Tepi pada daunnya bergerigi dan atau merata serta memiliki pertulangan daun yang menyirip. Daun tanaman gingseng berwarna hijau gelap dan disetiap tangkainya terdiri dari lima daun muda.
  1. Bunga, Bunga gingseng merupakan bunga majemuk yang berbentuk malai dan muncul di ujung pangkal daun. Mahkota berlekuk lima, berbentuk bulat oval dengan panjang 3 sampai 4 mm. Benang sari berjumlah lima sampai lima belas dan tangkainya bercabang serta berwarna merah keungunan.
  2. Buah, Buah tanaman gingseng berbentuk bulat telur, berwarna kecoklatan dan kekuningan dengan diameter 3 sampai 4 cm bahkan lebih. Dalam satu buah tanaman ginseng terdapat banyak biji dengan bentuk pipih, kecil dan berwarna kehitaman.

Kesimpulan

Ginseng merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili Araliaceae dengan nama latin Panax Gingseng C.A. Mey. Tanaman ginseng banyak tumbuh dibagian bumi sebelah utara, tanaman ini memiliki banyak manfaat seperti dapat mengobati berbagai penyakit dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Tanaman ginseng memiliki akar dengan bentuk gembung dan menyerupai boneka, batang tanaman ginseng berbentuk bulat dan bercabang dibagian bawah, daun ginseng merupakan daun tunggal dengan bentuk oval, bunga tanaman ini merupakan bunga majemuk sedangkan buahnya berbentuk bulat telur, berwarna kecoklatan dan kekuningan.

Karya by :

  1. Athaya Fairuz Alfarizi Putra Naia
  2. Lubna Azzura Rafaifa
  3. Muhammad Afreizatul Sidqi
  4. Nizar Rafif Fawwazi
  5. Yulia Hersa Putri

Sumber :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ginseng
  • https://agrotek.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-ginseng/
  • https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16728714/eksotisme-ginseng-jawa-si-cantik-yang-mengingatkan-pada-korea-mudah-dirawat-dan-kaya-manfaat

 

1 komentar untuk “Ginseng”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »