Bunga Adam Hawa

Tanaman Adam Eva (Rhoeo discolor) merupakan tanaman yang memiliki tingkat adaptasi yang baik pada berbagai kondisi lingkung

Tanaman Adam Eva adalah tanaman berdaun tunggal memeluk batang yang disebut juga tanaman Adam Hawa. Tanaman ini memiliki nama lokal nanas kerang atau sosongkokan. Panjang daunya dapat mencapai 30cm dengan lebar 3-6 cm. Tanaman ini memiliki buah berbentuk kapsul yang mengandung 2-3 biji yang berkerut (bentuk biji tanaman Adam Eva). Bunga tanaman ini majemuk yang berbentuk menyerupai kapal ataupun kerang.

Tanaman berupa herba dengan tinggi pohon antara 40-60 cm dan memiliki batang kasar, pendek, lurus, tidak bercabang.  Batang Rhoeo  discolor terdapar  buku-buku  dan  ruas-ruas yang tampak jelas sebagai tempat perlekatan daun. Daun berupa daun tunggal, bangun daun seperti pedang (ensiformis), ujung daun runcing (acutus) . Panjang daun sekitar 30 cm dengan lebar 2,5 – 6 cm. Rhoeo discolor memiliki bunga majemuk yang berbentuk mangkok, terletak di ketiak daun dan terbungkus kelopak berbentuk menyerupai kerang

Rhoeo Discolor atau disebut adam hawa merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Meksiko dan Hindia Barat. Tumbuhan ini termasuk jenis semak dengan tinggi mencapai 40-60 cm dan batang pendek dengan arah tumbuh tegak lurus. Jika diklasifikasikan, tanaman Rhoeo discolor akan menjadi seperti berikut.

Klasifikasi tumbuhan adam hawa

Kingdom              : Plantae (Tumbuhan)
Divisi                      : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
Kelas                     : Liliopsida (Berkeping satu atau monokotil)
Ordo                      : Commelinales
Famili                    : Commelinaceae
Genus                   : Rhoeo
Spesies                 : Rhoeo discolor

Ciri, Bentuk & Warna

Seperti yang telah disebutkan di atas, tanaman Rhoeo discolor memiliki habitus semak dengan ketinggian 40-60 cm. Batang Rhoeo discolor bersifat kasar, pendek, lurus, dan berwarna coklat. Batang Rhoeo discolor bersifat basah atau herbaceus. Dilihat dari panjang umurnya, tanaman adam hawa merupakan annuus atau tumbuhan muda dengan bentuk batang bulat dan sifat permukaan batangnya yang memperlihatkan bekas daun.

Daun tanaman ini memiliki karakteristik tunggal, berbentuk lonjong (ensiformis), ujung runcing (acutus), dengan pangkal memeluk batang. Bagian tepi daun rata dengan panjang 25-30 cm dan lebar 3-6 cm. Permukaan atas daun Rhoeo discolor berwarna hijau, sedangkan bagian permukaan bawahnya berwarna merah kecoklatan. Daging daun adam hawa tipis lunak dengan tipe tulang daun sejajar.

Rhoeo discolor memiliki bunga majemuk yang berbentuk mangkok, terletak di ketiak daun dan terbungkus kelopak berbentuk menyerupai kerang. Benang sarinya berbentuk silindris, banyak, dan berwarna putih. Sementara, bagian kepala putik berwarna kuning. Mahkota bunga Rhoeo discolorberbentuk segitiga, berjumlah tiga lembar, dan berwarna putih. Tipe perakaran tanaman ini yaitu serabut berwarna kecoklatan.

Tanaman adam hawa adalah tanaman asli dari daratan Amerika Tengah.Tumbuhan ini memiliki bentuk seperti tanaman lidah mertua. Memiliki warna hijau gelap di daun atas dan ungu di daun bawah. Mengolah tanaman ini cukup mudah karena pertumbuhannya juga mudah. Tanaman Hawa memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat Daun Adam Hawa

  1. Menangkal Radikal Bebas, Tanaman adam hawa juga dapat menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidan yang tinggi, radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker.
  2. Mengobati Penyakit Bronkitis, Bagi Anda yang menderita bronkitis, Anda dapat mencoba perawatan tanaman adam hawa. Tanaman Hawa Adam memiliki khasiat yang membantu menyembuhkan bronkitis. Air rebusan tanaman adam hawa digunakan untuk mengobati bronkitis. Minumlah air rebusan adam hawa secara teratur agar bronkitis Anda dapat segera disembuhkan.
  3. Menyembuhkan Batuk Berdarah, Batuk berdarah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kita harus bertindak cepat dan intens untuk menyembuhkannya. Cara alami untuk mengobati batuk berdarah adalah dengan menggunakan tanaman Adam hawa. Dipercayai bahwa kandungan tanaman Adam hawa membantu batuk berdarah saat Anda minum air rebusan dari daun tanaman Adam hawa, sehingga batuk berdarah Anda segera mereda.
  4. Menyembuhkan Disentri, Penyakit pencernaan ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Karena disentri, perut bisa terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan diare berdarah. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan tanaman Adam hawa. Tanaman Adam hawa memiliki khasiat yang membantu dalam mengatasi disentri.
  5. Obat Diare, Efek dari tanaman adam hawa tidak hanya mengobati disentri tetapi juga diare. Diyakini bahwa kadar zat dalam daun Adam hawa mengurangi intensitas buang air besar dan menyembuhkan diare Anda. Cukup minum air rebusan secara teratur dari daun Adam Air sampai diare Anda sembuh total.
  6. Mengobati Anemia, Manfaat berikutnya dari tanaman adam hawa adalah membantu mengobati anemia, anemia atau kekurangan darah membuat tubuh terasa lemas dan Anda terganggu di tempat kerja. Anda tidak perlu khawatir, tanaman Adam hawa dapat menjadi solusi untuk mengatasi anemia secara alami, tanpa mengonsumsi suplemen dan darah buatan.
  7. Mengatasi Nyeri Sendi, Bagi Anda yang sering menderita nyeri sendi atau rheumatoid arthritis, air rebusan tanaman adam hawa dapat menjadi salah satu solusi penyembuhan. Anda dapat menggunakan keefektifan tanaman Adam hawa ini dengan penggunaan tanaman adam hawa yang dipanaskan dan kemudian ditempelkan pada bagian-bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi atau rematik. Tunggu sakit sendi atau rematik di tubuh Anda untuk mereda dan menghilang.
  8. Mencegah Tumor, Tumor adalah penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif untuk mencegah penyakit ini. Salah satu langkah pencegahan alami yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan tanaman adam hawa. Tanaman adam hawa memiliki zat yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan tumor dalam tubuh.
  9. Menghentikan Pendarahan Luka, Luka yang menyebabkan perdarahan bisa diobati dengan tanaman adam hawa. Jika sulit untuk menemukan obat untuk luka berdarah, tanaman adam hawa mungkin menjadi alternatif untuk menghentikan pendarahan luar karena luka. Anda dapat menggunakan tanaman adam hawa sebagai luka pendarahan dengan menumbuk daun adam hawa dan kemudian menyebarkannya di atas luka berdarah.
  10. Sumber Antioksidan, Tanaman adam hawa tidak hanya mampu mengobati dan mencegah berbagai penyakit, tetapi juga sumber antioksidan penting bagi tubuh. Manfaat antioksidan bagi tubuh sangat besar, termasuk kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Penggunaan sumber antioksidan alami jauh lebih besar daripada manfaat antioksidan dari suplemen makanan atau obat-obatan, dan tentu saja, risiko minimal terhadap kesehatan tubuh. Membantu Membersihkan Paru-paru Daun adam hawa dalam pengobatan cina dimanfaatkan untuk membersihkan paru-paru. Konsumsilah daun adam hawa untuk campuran masakan agar lebih lezat.

SUMBER:

https://id.wikipedia.org.

https://lamongankab.go.id

https://plantstory.com

https://www.dream.co.id

Disusun oleh Kelompok 2 SMP Muhammadiyah 1 Kudus :

  1. Fadli
  2. Harumi
  3. Ubay
  4. Mutia
  5. Taufiq

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »