Belimbing

Belimbing manis ini memiliki nama latin averrhoa carambola L yang termasuk dalam famili Oxalidaceae dengan ordo Geraniales. Menurut sejarah persebarannya, Belimbing termasuk satu jenis buah tropis yang sudah lama dikenal dan ditanam di Indonesia. Berdasarkan penelusuran dari literatur, ditemukan bahwa tanaman Belimbing berasal dari kawasan Asia, terutama Malaysia. Namun Nikolai Ivanovich Vavilovanaman, seorang botani Soviet memastikan sentrum utama tanaman Belimbing adalah India, kemudian menyebar luas ke berbagai negara yang beriklim tropis lainnya (Rukmana, 1996). Berikut morfologi buah belimbing (Dinas Pertanian dan Perikanan, 2012):

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Subkelas : Rosidae
  • Suku : Oxalidance
  • Familia : oxalidaceae
  • Species : Averrhoa carambola L.

 

Deskripsi pohon dan penyebarannya

Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh kelelawar.

Deskripsi buah

Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.

masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan.

Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis.

Manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

  1. Menurunkan berat badan.
  2. Mengendalikan kadar gula darah.
  3. Memperkuat sistem imunitas.
  4. Meredakan sakit maag.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.Gangguan terhadap kesehatan

Orang yang bermasalah pada ginjalnya harus menghindari konsumsi buah ini karena mengandung asam oxalat. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya yang lebih tinggi

 

Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Belimbing

Made by : kelompok 2 kelas 7A

  1. Ezar
  2. Rahman
  3. Ava
  4. Nadya
  5. Zeva

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป