QR Code Sebagai Basis Informasi Digital Perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Kudus

Pemanfaatan QR Code sebagai basis informasi digital mulai dilakukan oleh Pengelola Perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Kudus dengan mengenalkan QR Code sebagai penghubung anggota perpustakaan dengan link web Perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Sebagai langkah awal penggunaan QR Code ini dimanfaatkan untuk menghubungkan link URL pada web perpustakaan yang berisi berbagai koleksi buku-buku perpustakaan SMP Muhammadiyah 1 Kudus sekaligus sebagai media untuk bertransaksi secara digital.

Pemakaian QR Code Perpustakaan sekolah akan disediakan di berbagai titik di lingkungan sekolah termasuk di meja transaksi perpustakaan sekolah supaya dengan mudah bisa diakses oleh warga sekolah. Keberadaan QR Code sebagai alat untuk memanfaatkan HP khususnya bagi siswa dengan cara memindai QR Code perpustakaan dengan tujuan agar HP siswa mempunyai daya guna yang positif. Selanjutnya penggunaan QR Code ini diharapkan dapat mempermudah bagian administrasi perpustakaan dalam melakukan pengolahan data transaksi buku dan sirkulasi di perpustakaan agar lebih efektif. QR Code juga berfungsi untuk mempermudah akses informasi menyangkut sirkulasi buku perpustakaan

Diharapkan dengan makin berkembangnya sistem manajerial administrasi perpustakaan sekolah, Kedepannya penggunaan QR Code bisa menampung berbagai Link URL untuk mengakses informasi buku pada halaman katalog buku dan login bagi para anggota perpustakaan untuk transaksi peminjaman, pemberian rating buku, media untuk mereview buku bagi para guru yang menjadi anggota perpustakaan.

Demikian sentral peran QR Code untuk pengembangan budaya literasi sekolah yang berbasis digital sehingga diharapkan makin menarik minat warga sekolah untuk lebih mengenal perpustakaan sekolah. Pengembangan budaya literasi berbasis QR Code ke depannya juga akan memanfaatkan berbagai benda-benda di seputar lingkungan sekolah seperti tanaman di halaman sekolah yang juga akan di beri QR Code supaya keberadaan tanaman tersebut juga mempunyai fungsi literasi karena terdapat QR Code yang berisi tentang literasi pustaka benda tersebut yang terhubung dengan akses perpustakaan sekolah.

# Perpustakaan
#Perpustakaan Digital
#SMP Muhammadiyah 1 Kudus
#Sekolah Coding
#Islami berprestasi

 

Syahirul Alem, SE
Pustakawan SMP Muhammadiyah 1 Kudus

Translate ยป