Atasi Sampah Plastik, SMP Muhammadiyah 1 Kudus Buat Program Ekobrik

SPEMUKU – SMP Muhammadiyah 1 Kudus mencanangkan program ekobrik dalam mengatasi sampah plastik di lingkungan sekolah. Ekobrik menjadi program SMP Muhammadiyah 1 Kudus peduli lingkungan. Program Ekobrik memasukan sampah plastik bekas jajan di kantin ke dalam botol plastik.

Kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kudus Ali Zamroni sebagai inisiator program Ekobrik meminta para siswa membawa botol plastik bekas minuman air mineral 1500 liter. Botol plastik bekas air minuman itu digunting dan ditusuk kayu untuk memasukkan sekaligus memadatkan plastik dalam botol bekas. Ali Zamroni mengatakan, botol-botol bekas yang telah terisi sampah plastik bisa dibuat kursi ataupun meja dan juga hiasan. Ia berharap bangku-bangku sekolah juga terbuat dari sampah plastik yang dikumpulkan warga sekolah.

Dalam pengamatan suara nasional, warga sekolah cukup serius memperhatikan pemaparan Kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kudus. program ekobrik setidaknya sebagai solusi mengatasi efek rumah kaca untuk menghijaukan kembali bumi yang semakin terancam akibat polusi oleh warganya. (Syahirul Alem)

Translate ยป