Selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesiaku

Pada hari ini Rabu, 17 Agustus 2022 ini merupakan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. Peringatan ini menandakan bahwa Republik Indonesia telah merdeka dan lepas dari penjajahan sejak 17 Agustus 1945. Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 pada tahun 2022 ini mengambil tema “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini diambil dengan harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun, yakni pandemi COVID-19.

Tema tersebut sesuai dengan Surat Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesi bernomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 tertanggal 12 Juli 2022, dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022. Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa tema besar HUT RI ke-77 ini terinspirasi dari peristiwa yang terjadi selama kurang lebih 2 tahun ke belakang. Karenanya tema yang diambil adalah “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”.

Hingga saat ini, semua elemen yang ada di Indonesia, baik pemerintah, pemangku kepentingan, hingga masyarakat masih berjuang bersama untuk melawan pandemi COVID-19 yang masih ada di sekitar. Hari kemerdekaan atau Dirgahayu RI ke-77 tahun 2022 ini, jika dilihat temanya secara garis besar, maka tema ini mempunyai tujuan merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada.

Logo HUT ke-77 RI ini juga memiliki makna dan menjadi sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

Selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. Semoga di hari kemerdekaan ini dan kedepannya bangsa kita benar-benar merdeka dalam segala bidang. MERDEKA!

Translate »