Selamat Hari Pramuka ke-60

Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Pada tahun ini, HUT ke-60 Pramuka bertema tentang Berbakti Tanpa Henti.

Gerakan Pramuka di Indonesia sudah dimulai sejak 1923, yang ditandai dengan didirikannya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Istilah Pramuka resmi digunakan untuk menyebut gerakan kepanduan nasional pada 14 Agustus 1961. Oleh karena itu setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional.

Ide tersebut bermula dari gagasan Presiden Sukarno yang ingin menyatukan seluruh gerakan Kepanduan di Indonesia. Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat, setelah Presiden Sukarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppres Nomor 448 Tahun 1961.Misi utamanya adalah untuk mendidik pemuda dan pemudi, dari usia anak-anak demi meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela negara.

Pramuka dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX yang terinspirasi dari kata Poromuko yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, ahlak, dan budi pekerti luhur.

Selamat Hari Pramuka ke-60 untuk seluruh Praja Muda Karana di Indonesia. Selalu menjunjung tinggi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Translate ยป